Tuesday, April 3, 2012
Tentu kita semua masih ingat beberapa waktu lalu dunia astronomi cukup heboh. Alasannya adalah astronom luar negeri dengan SETI menemukan sebuah planet, yang istilahnya disebut sebagai Super-Earth, dengan nama Kepler 22-b. Tentu planet tersebut dijuluki Super-Earth karena mendukung kehidupan layaknya bumi, dan ukurannya yang lebih besar dari Bumi kita.


Kali ini, ada lagi penemuan Super-Earth baru.
Peneliti dari Carnegie Institute for Science mengklaim bahwa mereka menemukan planet dengan air yang berbentuk cair dan bahkan bisa menopang atau berisi kehidupan. Planet yang diberi nama GJ 667Cc ini dikatakan berada tepat di tengah di zona yang bisa dihuni (habitable zone) dan jarak dengan bintang utamanya pas, karena menurut tim peneliti tersebut, umumnya sebuah planet Super-Earth memiliki jarak yang terlalu dekat atau terlalu jauh terhadap bintang utamanya.

GJ667Cc ini memiliki waktu orbit 28 hari saja, dan memiliki tiga bintang. Dua bintang lainnya dikatakan tidak terlalu mempengaruhi iklim planetnya namun masih terlihat di langit. Planet fiksi Tatooine paling cocok untuk menggambarkannya. Yang agak mengecewakan, planet ini berjarak 22 tahun cahaya, jarak yang sangat jauh ditempuh.

Source

2 komentar:

Dwii Tottenham said...

brapa triliyun kilometer kalo 22 tahun cahaya

Arief Fauzani said...

hitung sendiri ya gan.. baca yang ini dulu..

http://fozent.blogspot.com/2012/04/pengertian-tahun-cahaya.html

terimakasih sudah berkunjung...

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda.

100 Artikel Terbaru


Buku Tamu

Facebook Page

Total Page Views

Popular Post