Friday, April 5, 2013

Akhir-akhir ini marak penipuan melalui pesan singkat/sms yang mengatasnamakan Indosat, seperti yang telah saya terima, dan sms tersebut berisi:

“Selamat.! Anda men-dpt Hadiah 1-Unit MOBIL JAGUARD, dr- POIN PLUS PLUS PIN:d377hi8 info Hub: 085696497xxx atau Klik www.gebyarindosat-7887.webs.com

Setelah saya analisa, ada banyak sekali kejanggalan, baik itu pada sms, maupun pada website.

Berikut kejanggalannya:
  • Pengirim menggunakan nomor 0878-xxxx-xxxx, seharusnya jika memang benar dari Indosat, pengirimnya bukan hanya “nomor ponsel seperti di atas” tapi langsung bertuliskan “INDOSAT”, ya kan teman-teman ? Yes, That’s Right..!
  • Coba liat sms sendernya, 0878, itu kan nomor XL ? Masa sih, hadiah dari Indosat, tapi yang memberitahu malah pihak XL ? Aneh sekali.
  • Beberapa hari yang lalu saya juga mendapat sms dari INDOSAT ASLI, yang kurang lebih berisi peringatan agar berhati-hati pada penipuan website yang mengatasnamakan INDOSAT. Dari sms ini saya menyimpulkan bahwa memang saat ini sedang marak penipuan yang mengatasnamakan INDOSAT. 
  • Kemudian saya mencoba membuka website penipu tersebut www.gebyarindosat-7887.webs.com. Webs.com merupakan situs gratisan. Masak Indosat pakai situs gratisan seperti itu ?. Kalau memang benar, kenapa tidak langsung diminta untuk mengakses situs resmi Indosat (www.indosat.com). Ini bukti penipu belum ada modal yang banyak, mau menipu tapi tak bermodal. Dan tampilannya kurang lebih seperti ini. 
  •  Memang sih tampilannya sangat meyakinkan, tapi liat aja baru masuk Home Page aja ada kesalahan penulisan. Gatget dan PAQ. Ahahaa… Saya sampai ketawa sendiri saat membaca tulisan PAQ. Seharusnya itu FAQ, yang merupakan kepanjangan dari “Frequently Asked Questions”. Apa sang penipu itu orang sunda ya ? EGP.
  • Saya mencoba klik menu "Daftar Pemenang" pada website penipu tersebut, dibagian bawah ada tampilan kurang lebih seperti ini.
    Masa ada tulisan “Hati-hati terhadap penipuan POIN PLUS-PLUS …” Sekali lagi saya dibuat tertawa oleh website ini. AHAHAHA… Dalam hati saya berkata “ya kamu itu yang penipuuu”. Kemudian tulisan  “Indosat M2 | Indosat Singapore | Info GCG | Careers | Lintasarta | Investor Relations | Acasia | Partners | Conexus | Contact Us”. Kok tidak bisa di klik ? Itu kan seharusnya ada Link ?
  • Nih di samping kanan ada tampilan seperti ini.
    Add Coment juga tidak bisa di klik. Kalau memang bisa diklik mungkin sudah banyak yang mencaci-maki tuh website. Tapi coba liat isinya cuma ada 2 dan keduanya menyanjung tentang kebenaran program hadiah ini. Jelas tulisan ini berfungsi untuk mengelabuhi kita. So, hati-hati ya sobat. Jangan sampai tertipu.
  • Jika Add Coment bisa di klik mungkin saya mau ngetik “GILE LU NDRO”. Ahahaha….




Nah, bagi pengguna operator Indosat ataupun operator lainnya, jangan mudah tertipu ya, apalagi dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan dan menggairahkan. Teman-teman diharapkan  agar selalu waspada dan kritis dalam menyikapi sms/telpon yang menjanjikan hadiah, harap langsung konfirmasi kepada operator nomor ponsel masing-masing atau abaikan saja.

Cukup sekian penjelasan dari Fozent Blog, dan mungkin masih ada lagi kejanggalan-kejanggalan yang tidak saya sebutkan.

Silahkan sebarkan informasi ini agar orang lain tidak ikut tertipu. WASPADALAH ! WASPADALAH !!

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda.

100 Artikel Terbaru


Buku Tamu

Facebook Page

Total Page Views

Popular Post