Wednesday, May 2, 2012
Supermoon (Lunar Perigee) Sabtu 5 Mei 2012 ---Dalam pekan ini kita bisa melihat kembali fenomena alam Supermoon (Lunar Perigee) yang akan terjadi pada Sabtu 5 Mei 2012. Supermoon adalah suatu kondisi bulan berada paling dekat dengan bumi. Tidak hanya berada pada posisi terdekat, pada tahun 2012 ini juga, bulan akan terlihat jauh lebih besar hingga 16 persen dari biasanya.

Dari sisi istilah sendiri, dalam ilmu astrologi supermoon dikaitkan dengan potensi bencana. Karena biasanya akan diikuti dengan kenaikan air pasang. Namun jika dilihat dari ilmu astronomi, supermoon adalah hal wajar terjadi.

Dikutip dari detikcom, bahwa rata-rata jarak bulan dengan bumi 384 ribu km. Pada saat supermoon terjadi, jarak Bulan dengan Bumi sekitar 357 km. Itu artinya bulan akan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-ratanya. Secara umum juga, setiap bulannya selalu ada keadaan posisi bulan berada paling dekat dengan bumi. Namun jika jarak terdekat tersebut bertepatan dengan bulan purnama, itu yang agak jarang terjadi.

Supermoon (Lunar Perigee) Sabtu 5 Mei 2012 ini merupakan kali pertama fenomena supermoon terjadi. Terakhir, supermoon pernah terjadi medio Maret 2011 lalu.

So bagi bagi kamu yang ingin melihat Supermoon (Lunar Perigee) Sabtu 5 Mei 2012 nanti, ada sedikit tips dari space.com agar supermoon terlihat begitu mengagumkan dan bagus juga untuk foto. Hanya ada dua kesempatan terbaik untuk melihat supermoon. Yaitu pada saat supermoon baru nongol atau pada saat ia mau hilang. Posisi ini akan membuat supermoon terlihat begitu besar. Sayang, hingga post ini dibuat, belum ada sumber yang memberikan catatan perkiraan jamnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda.

100 Artikel Terbaru


Buku Tamu

Facebook Page

Total Page Views

Popular Post